PENERAPAN MODEL-MODEL PENGELOLAAN KELAS YANG DILAKUKAN OLEH GURU DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Rutina Rutina,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model-model pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru di kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model-model pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru kelas III sudah terlaksana dengan baik. Penataan kelas yang telah diterapkan yaitu formasi letter U, formasi lingkaran, formasi meja pertemuan, dan formasi tradisional. Kendala dalam menerapkan model-model pengelolaan kelas ialah; 1) Saat guru membagikan siswa dalam kelompok ada siswa yang tidak mau satu kelompok, 2) Siswa masih sulit diatur, 3) Sulit untuk mengkondisikan siswa saat mengubah formasi tempat duduk.

Kata Kunci: Penerapan Model-Model Pengelolaan Kelas

 

Abstract

This study aims to describe the classroom management model applied by the teacher of Grade III. This was a descriptive study using the qualitative approach. The research subjects were the teacher and students of Grade III. The results of the study show that classroom management models are well applied by the teacher of Grade III. The classroom arrangements that are applied include the letter U formation, circle formation, conference table formation, and traditional formation. The constraints in the application of classroom management models are as follows. 1) When the teacher divides the students into groups, some students are not willing to join a certain group. 2) The students are difficult to manage. 3) It is difficult to create a condition for the students to change the formation of the seats.

Keywords: Application Of Classroom Management Models


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.