PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Jonkenedi Jonkenedi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi gunung api melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas VB SD N Krapyak Wetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD N Krapyak Wetan dan objeknya yaitu keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi gunung api. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi gunung api. Peningkatan didasarkan pada hasil pratindakan hanya 45% dari keseluruhan siswa yang aktif. Pada siklus 1 menjadi 60% pada pertemuan pertama 70% pertemuan kedua dan siklus 2 meningkat lagi menjadi 80% .

Kata Kunci: keaktifan, gunungapi, media tiga dimensi

 

Abstract

This study aims to improve the activeness in science learning for the topic of volcanoes through the use of three-dimensional media among Grade VB students of SDN Krapyak Wetan. This was a classroom action research collaboratively conducted. It used the model by Kemmis dan McTaggart. Each cycle consisted of four stages, namely planning, action and observation, and reflection. The research subjects were Grade VB students of SDN Krapyak Wetan and the object was the students’ activeness in science learning for the topic of volcanoes. The data collecting instruments were observation sheets and interviews. The data analysis techniques were qualitative and quantitative descriptive techniques. The results of the study show that the use of three-dimensional media is capable of improving the students’ activeness in science learning for the topic of volcanoes. The improvement was indicated the result in the pre-action in which only 45% of all students were active. In Cycle 1 in the first meeting 60% were active and in the second meeting 70% were active and in Cycle 2 this improved again to 80%.

Keywords: activeness, volcanoes, three-dimensional media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.