PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS

Tri Rahmawati Shalihah,

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains menggunakan metode guided discovery. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Netral D Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Guided Discovery pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan ketrampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Netral D Yogyakarta setelah menggunakan metode guided discovery. Keterampilan proses pada tahap pratindakan diperoleh rata-rata 45%, pada siklus I menjadi 61,84% dan pada siklus II menjadi 77,89%. Penggunaan metode Guided Discovery hingga siklus II diperoleh > 75% dari seluruh siswa mencapai kriteria tinggi dalam keterampilan proses sains dan 75% siswa mendapat nilai tes ≥ 75 saat siklus II.

Kata kunci : keterampilan proses sains, metode guided discovery


Abstract

The research aims to improve the science processing skill using guided discovery method. This was classroom action research by Kemmis and Taggart model. The subject were 25 students of fifth grade of SD Netral D Yogyakarta. Data Collection using observation and test. To analyse quantitative data was using quantitative descriptive and qualitative descriptive. The result of the research shows that there is an increasing science processing skill of grade V students of Netral D elementary school Yogyakarta after implementing guided discovery method. The skill processing on pre-action cycle achieved the mean of 35,56%.  In  the  first  cycle  the  mean  increase  to  60,64%  and  77,89%in  the  second  cycle.  The implementation of Guided Discovery method until the second cycle achieve > 75% of all students reach the high criteria on science processing skill, while 75% of students get≥ 75 test score.

Keywords: guided discovery method, science processing skill


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.