PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn UTAG-ATIK (ULAR TANGGA ANTI KORUPSI) KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga yang layak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi anti korupsi kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau RnD). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum dilakukan uji coba kepada siswa sebagai pengguna. Hasil penelitian menunjukkan: 1) uji kelayakan ahli materi mendapat skor 4,25 (Sangat Baik), 2) uji kelayakan ahli media mendapat skor 4,15 (Baik), dan 3) uji kelayakan pengguna pada uji coba produk awal mendapat skor 4,17 (Baik), dan skor 4,50 (Sangat Baik) pada uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil dari serangkaian uji kelayakan tersebut, media pembelajaran permainan ular tangga yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi anti korupsi.
Kata kunci: permainan ular tangga, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Abstract
This research aims at developing ladders and snakes game learning media that are fit for use in learning anti-corruption material of Citizenship Education for fifth grade students. This was a research and development. Developed media validated by subject matter experts and media experts before trials conducted to students as users. The results shows: 1) test the feasibility of materials experts get score 4.25 (Very Good), 2) test the feasibility of media experts get score 4.15 (Good), and 3) test the feasibility of the initial product trials receive score 4.17 (Good) and score 4.50 (Very Good) on trial usage. Based on the results of the feasibility test series, developing ladders and snakes game learning media fit for use in learning Citizenship Education anti-corruption materials.
Keywords: snakes and ladders game, learning Citizenship Education.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.