PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV

Fidaresta Taileleu,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kraton, dan mendeskripsikan hambatan yang terjadi dan solusi yang dilakukan dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 14 orang dan satu orang guru kelas IV. Obyek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kraton.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam pembelajaran IPA memanfaatkan lingkungan alam yaitu sinar matahari, tanah, dan pot bunga, bunga dalam pot dan kucing.Langkah-langkah pembelajaran yaitu: Langkah penyelidikan, Perencanaan, Pelaksanaan dan tindak lanjut. Hambatan yaitu: siswa yang sulit dikondisikan. Solusi: menasehati dan menegur setiap siswa yang melakukan pelanggaran.

Kata kunci: Pemanfaatan lingkungan alam, IPA, di SD.


Abtract

This study aims to describe the use of the natural environment as a learning resource for science learning in Grade IV of Kraton, the constraints, and the solution in the science learning process. This was a qualitative descriptive study. The research subjects were 14 student and one teacher of Grade IV. The research object was the use of the natural environment as a learning resource for science learning in Grade IV of public ES of Kraton. The data collection throught observations and interview. The data analysis technique consisted of data reduction, data display and conclusion drawing. The data trustworthiness was enhsnced by triangulation. The research findings show that the science learning uses the natural environment such as sunray, soil, flower pots, flower in pots and cats. The learning step include the exploration, panning, implementation and follow-up steps. The constraints include the fact that it is difficult to condition the students. The solution include giving advice to remind the students who make violations.

Keywodrs: Use of the environment, science, ES.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.