PENINGKATAN SIKAP SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS V SD N NGENTAKREJO

Rismawanti Rismawanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial siswa kelas V SD N Ngentakrejo melalui pembelajaran Active Learning tipe Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala. Teknik validitas menggunakan validitas isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Active Learning tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan sikap sosial siswa kelas V melalui penggunaan metode diskusi kelompok pada siklus II. Peningkatan dapat dilihat pada kenaikan skor skala sikap sosial siswa dengan indikator komunikasi, empati, keterbukaan, dan kerjasama pada proses pembelajaran.

Kata kunci: sikap social, siswa sekolah dasar, Active Knowledge Sharing


Abstract

This research aims at improving the social attitude of fifth grade students in SD N Ngentakrejo through active learning Active Knowledge Sharing type. This research was classroom action research (PTK). Subjects in this research were students of fifth grade totalling 20 students. This research design used Kemmis and Mc. Taggart model. Data collection techniques were observation and scale. Mechanical validity used content validity and construct validity. Data were analyzed by qualitative and quantitative. The results shows that the active learning Active Knowledge Sharing type can enhance the social attitude of fifth grade students, through the use of disscussion method in the second cycle. The improvement can be observed by the increase of score of social attitude scale at communication, emphaty, openness, and teamwork indicator on study proccess.

Keywords: social attitude, elementary student, Active Knowledge Sharing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.