PENGARUH MODEL CLIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KRAPYAK WETAN SEWON BANTUL DIY

Indra Pratama,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Krapyak Wetan Sewon Bantul DIY”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan membandingkan hasil kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 49 siswa. Teknik analisis data terdiri 3 tahap, tahap deskripsi data, tahap uji homogenitas, dan tahap pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan mean kelompok eksperimen dari 59,4 menjadi 60,2, dan rata-rata pre post kelompok kontrol 56,00 menjadi 58,4. Perbedaan mean kedua kelompok tersebut di uji t, hasil pengujian dengan uji t pre test kelompok eksperimen dan kontrol nilai t hitung 0,659 dan sig 0,517. Nilai sig menyatakan < 0,01, dan hasil pengujian dengan uji t post test kelompok eksperimen dan kontrol -1,729 dan sig 0,097 nilai sig > 0, 01. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran IPA dengan tipe CLIS meningkat terhadap hasil belajar .

Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Hasil Belajar


Abstract

This study aims to determine the effect Learning Model Children's Learning In Science (CLIS) toward Student learning achievement Class V SDN Krapyak Wetan Sewon Bantul DIY. The type of this research was experimental by comparing the results of the experimental group and control group. Samples of this research were students of class V totaling 49 students. Data analysis technique were contained three stages: stage of description of the data, stage of homogenity test, and the stage of hypothesis testing. The results show that the experimental group mean of 59.4 becomes 60.2, and the average of prepost control group 56.00 to 58.4. The mean difference in the two groups t-test, t-test results of testing the experimental and control group pretest t value 0.659 and 0.517 sig. Sig  <0.01, t-test and the test result posttest experimental and control groups -1.729 and 0.097 sig sig > 0,01. It can be concluded that the effects of the use of models with the type of learning science CLIS increases on student learning achievement.

Key Words: CLIS Learning Model, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.