PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V sekolah dasar se-gugus 3 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan exspots facto dengan sampel sebanyak 123 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dengan bentuk pilihan ganda. Instrument tes bentuk pilihan ganda telah diuji, sehingga diperoleh 27 butir valid dengan reliabilitas sebesar 0,814 pada soal kemampuan membaca pemahaman dan 27 butir valid butir dengan reliabilitias 0,904 pada soal kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 264,217 pada signifikansi 0,000a dan fungsi regresi yaitu, Y = - 0,253 + 1,049 X. Sumbangan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika diketahui sebesar 68,6%.
Kata kunci: membaca pemahaman, menyelesaikan soal cerita matematika, sekolah dasar.
Abstract
This research aimed to determine how the influence of the reading comprehension on ability to solve math word problems fifth grade elementary school at gugus 3 Seyegan Sleman, academic year 2016/2017. This research kind was exspost facto with a sample of 123 students. The data collected by observation, interviews, documentation and test with multiple choice. Multiple choice test instrument has been tested and obtained 27 valid items with reliability 0.814 at reading comprehension and 27 valid items with reliabilitias 0.904 at the ability to solve math word problems. Data were analyzed using simple linear regression analysis. The result shows there was a positive and significant impact caused by the ability of reading comprehension on ability to solve math word problems. The analysis showed Fcalculated 264.217 in significance 0,000a and the formed regression function was Y = - 0,253 + 1,049 X. Contribution of reading comprehension on ability to solve math word problems known to 68.6%.
Keywords: reading comprehension, solve math word problems, elementary school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.