PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN

Muhammad Irfan Aris Prasetiya,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. dengan penerapan metode Time Token pada pembelajaran Ilmu pengetahuan social. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 B SD Negeri Tegalpanggung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Penerapan metode Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu menjelaskan tujuan pembelajaran, membagikan kupon kepada siswa, berbicara bergantian, dan memberikan kupon setelah siswa selesai berbicara .Hal ini dibuktikan oleh data aktivitas belajar IPS siswa meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut adalah 74,6%. menjadi 86,5%.

Kata kunci: aktivitas belajar, pembelajaran ips, metode Time Token

 

Abstract

This research’s aimed at improving the students’ learning activity by using time token method on IPS. This research was classroom action research. The subjects were 5b students of sd n tegalpanggung. The data data was collected by observation and documentation. The data was analyzed with quanitative descriptive. The application of time token method is to improve the students’ learning activity with some steps as explain learning aimed, shared token to students, speak alternately, and give token after finished. Learning activity’s improvement is proved from data on cycles 1 to cycles II consecutive is 74,6% improving to 86,5%.

Keywords: learning activity, IPS learning, time token method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.