PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL BERMUATAN LOKAL

Lukman Primadi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak pelengkap pembelajaran berbasis komunikasi visual bermuatan lokal yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup subtema Ayo Cintai Lingkungan untuk kelas IV di SD Negeri 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Selanjutnya model tersebut diadaptasi menjadi tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif. Hasil validasi ahli materi pada aspek kelayakan isi dan bahasa mendapatkan skor rata-rata 4,05 dan 3,84 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media pada aspek kelayakan kegrafikan dan penyajian mendapatkan skor rata-rata 4,06 dan 4,00 dengan kategori baik. Hasil angket respon guru mendapatkan skor 4,22 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil (terbatas) mendapatkan skor rata-rata 4,16 dengan kategori baik. Hasil uji coba lapangan (luas) mendapatkan skor rata-rata 4,44 dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: bahan ajar cetak, komunikasi visual, muatan lokal


Abstract

This research aim at developing a product of the printed learning material complement based on visual communication with local content that suitable to be use as thematic learning media on the theme of care to organism on the subtheme of let’s loving environment for 4th grade of SD N 1 Srandakan. The Research and Development with 4D model designed by Thiagarajan, Semmel, and Semmel was used with the following steps: define, design, and develop. The developmental testing was conducted by involving the 4thgrade students as the research subjects. The instruments used instructional of the interview, observation, and questionnaire. The data analytics used descriptive. The result of the material expert’s validation show that feasibility of content and language aspect that categorized as good with score 4.05 and 3.84. The validation result of media expert on feasibility of graphic and presentation were categorized as good with score 4.06 and 4.00. The result from the teacher respond questionnaire was categorized as very good with score 4.22. The result of limited testing was categorized as good with score 4.16. The result of wide scale testing was categorized as very good with score 4.44.

Keyword: printed learning material, visual communication, local content


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.