KUALITAS CERITA ANAK KUNANG-KUNANG PELITA HATI DAN KISAH SEPASANG SANDAL KULIT DI TINJAU DARI UNSUR INTRINSIK SEBAGAI BAHAN AJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis unsur intrinsik cerita anak Kunang-kunang Pelita Hati dan cerita Kisah Sepasang Sandal Kulit. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita Kunang-kunang Pelita Hati dan cerita Kisah Sepasang Sandal Kulit. Objek dari penelitian ini adalah unsur intrinsik cerita berupa: (1) tema, (2) amanat, (3) tokoh, (4) penokohan, (5) alur, (6) seting cerita, (7) gaya penceritaan, (8) pilihan kata, (9) ejaan, (10) kalimat, dan (11) paragraf. Instrumen penelitian ini adalah, berupa lembar analisis unsur-unsur intrinsik berdasarkan tingkatan tinggi, sedang, kurang. Teknik analisis data terdiri dari enam langkah, yaitu: pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan, reduksi, penarikan kesimpulan dan pendeskripsian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Kunang-kunang Pelita Hati berada pada tingkatan tinggi (+). Dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dan dapat dibaca oleh anak pada umumnya. Cerita Kisah Sepasang Sandal Kulit menunjukkan pada tingkatan Tinggi (+) dan sedang (±). Tingkatan Tinggi meliputi; (1) tema, (2) tokoh, (3) penokohan, (4) alur cerita, (5) gaya penceritaan, (6) pilihan kata, (7) ejaan, (8) kalimat, dan (9) paragraf. Tingkataan Sedang meliputi; (1) amanat, dan (2) setting cerita. Kedua cerita tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Kata kunci: analisis unsur intrinsik, cerita anak, anak SD
Abstract
This study aims describe the resultof an analysis of intrinsic elements of children’s stories kunang-kunang pelita hati and kisah sepasang sandal kulit. This was a content analysis study using the qualitative approach. The research subject were kunang-kunang pelita hati and kisah sepasang sandal kulit. The research object were stories intrinsic element, i.e. (1) thema, (2) message, (3) characterization, (4) plot, (6) setting, (7) narattion style, (8) diction, (9 )paragraphs. The research instrument was an analysis sheet for intrinsic elements based on the high, moderate, and low levels. The data analysis technique consisted of six steps, namely data collection, sample celection, noting, reduction, conclusion drawing, and description. The result of the study show that kunang-kunang pleita hati is in the high category (+). It can be used in learning at school and can be read by the moderate category (±). Those in the high category include; (1) thema, (2) charactes, (3) characterization, (4) plot, (5) narration style, (6) diction, (7) spelling, (8) sentences, and (9) paragraphs. Those in the moderate category include; (1) message, and (2) setting. Booth stories can be used in learning at the elementary school.
Keyword: analysis of intrinsic elements, children’s stories, elementary school children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.