KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI MINOMARTANI 2

Ervina Puspitaningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 6 guru, 18 siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru di SD Negeri Minomartani 2 dilakukan dengan cara, (1) penerapan prinsip-prinsip pengelolaan kelas, meliputi sikap hangat dan antusias, tantangan, variasi, penekanan pada hal-hal positif, dan penanaman disiplin; (2) merancang lingkungan fisik kelas, meliputi prinsip penyusunan kelas dan gaya penyusunan; (3) menciptakan iklim belajar yang efektif, meliputi strategi umum, menerapkan peraturan, saling bekerja sama, dan iklim psikologis yang efektif ; (4) menjadi komunikator yang baik, meliputi keterampilan berbicara, keterampilan mendengarkan, dan komunikasi nonverbal.

Kata kunci: guru, pengelolaan kelas

Abstract

This research aims to describe various way that do by the teachers to manage the classroom well. This research used qualitative approach with research subject were six teachers, eighteen students, and headmaster. Data collection technique used observation, interview, and documentation. Data analysis used Miles and Huberman interactive model. The validity of data used source and technique triangulation. Research result show that classroom management teachers at SD Negeri Minomartani 2 do with the way, (1) apply principles of classroom management include warm and enthusiastic attitude, challenge, variation, emphasis on positive things, and discipline; (2) plan the physical class environment include the principle of class preparation and style preparation, (3) create effective learning climate include common strategy, apply the rules, work together, and effective psychological climate; and (4) be a good communicator include speaking skills, listening skills, and nonverbal communication.

Keywords: classroom management, teachers


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.