PERBEDAAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan pada adanya perbedaan tingkat prestasi belajar dan perbedaan
kecenderungan gaya belajar siswa SDN Siyono 3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan
tingkat prestasi belajar ditinjau dari kecenderungan gaya belajar siswa SDN Siyono 3. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa SDN Siyono 3. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV, V, dan VI sejumlah 57 siswa yang diambil
dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner gaya belajar dan
dokumentasi rapor. Kuesioner gaya belajar digunakan untuk mengungkap kecenderungan gaya belajar,
dan dokumentasi rapor digunakan untuk mengungkap tingkat prestasi belajar. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara
signifikan tingkat prestasi belajar ditinjau dari kecenderungan gaya belajar siswa SDN Siyono 3 dengan
taraf signifikansi sebesar 0,208 (p<0,05). Implikasi dari penelitian ini adalah guru kelas disarankan
mampu menggunakan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa lebih mudah dan cepat dalam
belajar.
Kata kunci: kecenderungan gaya belajar, tingkat prestasi belajar
Abstract
This research is based on the difference of learning achievement and the difference of learning style
tendencies on student at SDN Siyono3. The purpose of this research was to determine the difference of
learning achievement level from learning style tendencies on student at SDN Siyono 3. This research used
quantitative approach with comparative method. Population in this research were student at SDN Siyono
3. Sample of this research were IVth, Vth, and VIth grade students of SDN Siyono 3 which consists of 57
students and taken by purposive sampling technique. Data collection technique used learning style
questionaire and documentation. The learning style questionnaire was used to reveal the learning style
tendencies, and documentation was used to reveal the learning achievement level. This research used chisquare
analysis for data analysis. Result of this research note that there isn’t a significant differences
between learning achievement level and learning style tendencies on student at SDN Siyono 3 with
significance level of 0,208 (p<0,05 ). Based on the research results that have been obtained, the writer
suggested teacher to use various method so student can study easier and faster than usual.
Keywords: learning style tendencies, learning achievement level
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.