PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES

Niken Larasati,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis
kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental
design bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III
SD Negeri Percobaan 4 Wates. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2015. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, dan 2) observasi. Analisis data
dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh positif penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas III SD Negeri Percobaan 4 Wates.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar
Abstract
The goal of this research is to know the impact learning strategy implementation based on
multiple intelligency to the mathematics learning result at grade III student SD N Percobaan 4 Wates.
The approach of this research is quantitative approach. The research type is experiment. The research
design is quasi experimental design with nonequivalent control group design.The research population is
grade III student at SD N Percobaan 4 Wates. This research was be done on Maret-April 2015. The data
collection methode in this research is: 1) test, and 2) observation. The data analysis of this research was
be done with t test. The research result shows that there is positive impact learning strategy
implementation based on multiple intelligency to the mathematics learning result at grade III SD N
Percobaan 4 Wates.
Key Words: Learning Strategy, Multiple Intelligency, Mathematics Learning Result, Primary School

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.