PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD N Banjaran yang terdiri dari 10 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dekskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa peningkatan dari pratindakan sebesar 20% meningkat pada siklus I menjadi 30%. Pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada aspek afektif siswa mengalami peningkatan yaitu dari kondisi pratindakan yang kurang, siklus I meningkat menjadi baik dan siklus II meningkat menjadi sangat baik.
Kata kunci : Hasil belajar IPS, metode Role Playing
Abstract
This research aims at improving the social studies achivement through Role Playing method implementation. This research was collaborative class room action research model Kemmis and Mc. Taggart. This research was done at III grade in SD N Banjaran with amount were 10 students. Data analysis in this research used qualitative and quantitative descriptive. The result of this research shows that using role playing improve the social studies achievement. Based on test results obtained by students from pratindakan increase of 20% increase in the first cycle to 30%. In the second cycle increased to 90%. On the affective aspects of students has risen from less pre action conditions, the first cycle increased to well and the second cycle increased to very good.
Keywords: social studies achievement, role playing method
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.