PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI POGUNG KIDUL

Linanda Desy Anasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Pogung Kidul Mlati Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Pogung Kidul sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Peningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi terlihat pada siswa lebih senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran, siswa lebih mudah menuangkan isi gagasan ke dalam bentuk tulisan, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis deskripsi. Peningkatan nilai rerata keterampilan menulis deskripsi pada siklus I sebesar 5,31, yang kondisi awal 69,38 meningkat menjadi 74,69, dan pada siklus II meningkat sebesar 12,81, yang kondisi awal nilai rerata 69,38 meningkat menjadi 82,19.

Kata kunci: keterampilan menulis deskripsi, media gambar, SD

 

Abstract

The purpose of this research to improve the learning process and writing skills using image media in fourth grade students of SD Pogung Kidul Malti Sleman. This research used colaboration action research classroom. This research subject was the students of class IV SDN Pogung Kidul with 26 students. The data was collected by test, observation and documentation methods. The data analysis technique used descriptive statistics. The result showes the use of media image can enhance the learning prosecc and students’ description writing skills. Increasing the learning process to write a description looks at students more excited and interested in the learning process, students are easier to pour the contents of ideas into written form, and students are more enthusiastic in participating in learning to write a description. The increase in the average value of description writing skills in the first cycle of 5.31, the first conditions mean value of 69.38 increased to 74.69, and the second cycle increased by 12.81, the fisrt conditions mean value of 69.38 increased to 82.19.

Keywords: descriptions writing skills, image media, SD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.