PERBEDAAN MINAT MENGAJAR MENGGUNAKAN KURIKULUM 2006 DENGAN KURIKULUM 2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat mengajar guru menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) dengan Kurikulum 2013 di SD Se-gugus I Kecamatan Mantrijeron. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bersifat ex-post facto. Subjek penelitian adalah guru di SD Se-gugus 1 Kecamatan Mantrijeron yang pernah mengajar menggunakan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) skala sikap minat mengajar guru menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) , (2) skala sikap minat mengajar guru menggunakan Kurikulum 2013. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat mengajar guru menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) dengan Kurikulum 2013 di SD Se-gugus I Kecamatan Mantrijeron. Hal tersebut ditunjukkan dari skor rata-rata skala sikap minat mengajar guru menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) sebesar 74, 6667 yang bila disesuaikan dengan rambu-rambu termasuk dalam kategori tinggi dan skor rata-rata skala sikap minat mengajar guru menggunakan Kurikulum 2013 sebesar 78,9167 yang bila disesuaikan dengan rambu-rambu termasuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci : minat mengajar guru, kurikulum 2006, kurikulum 2013
Abstract
This research aims to know the differences of teacher’s teaching interest using 2006 Curriculum and 2013 Curriculum in group 1 Elementary School Mantrijeron subdistrict. This was a comparative ex – post facto research. The subject of this research is the teachers was in group 1 of Elementary School Mantrijeron subdistrict that has been taugh using 2006 Curriculum and 2013 Curriculum which amounts to 24 people. The instrument used in this research were: (1) the attitude scale of teacher’s teaching interest using 2006 Curriculum, (2) the attitude scale of teacher’s teaching interest using 2013 Curriculum. The validity and reliability of the research instrument had been tested before. The result of the research shows that there are differences of the teacher’s interest using 2006 Curriculum and 2013 Curriculum in group 1 Elementary School Mantrijeron subdistrict. It is shown by the mean score of the teacher’s interest using 2006 Curriculum, which is 74,6667 that if it is matched to the standards it is included in the high category, and the mean score of the teacher’s interest using 2013 Curriculum is 78,9167 that if it is matched to the standards, it is included in medium category.
Keywords: teacher’s teaching interest, 2006 curriculum, 2013 curriculum
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.