PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KECEMEN, MANISRENGGO, KLATEN

Dedi Rizkia Saputra,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kecemen,
Manisrenggo, Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah hasil belajar IPS siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis
deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS.
Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data
awal siswa yaitu 59.64 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 57.14% dan pada akhir siklus
pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67.86 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 71.43% dan pada
akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 75 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai
92.2%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas
juga ikut mengalami peningkatan.
Kata kunci: hasil belajar IPS, metode pembelajaran Role Playing
Abstrac
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes in subjects Social Sciences through
role playing method in class V of Kecemen 2 Elementary School, Manisrenggo, Klaten, Central
Java. This study is a Class Action Research (CAR) model cycle performed repeatedly and
continuously. The subjects were students of class V, which amounted to 14 students, and its object is
the result of social studies students. Methods of data collection is done through observation, testing.
Data analysis techniques used quantitative descriptive analysis. The results showed an increase in
Social Science learning outcomes. Improved learning outcomes can be seen from the student
learning completeness of the average student scores on the initial data, namely 59.64 and have a
passing grade of 57.14% and at the end of the first cycle of the average value of students into 67.86
with mastery learning becomes 71.43% and at the end of the second cycle the average value of
students rose to 75 with student learning completeness reached 92.2%. Aside from increasing
learning outcomes, student activity in the learning process in the classroom also increased.
Keywords: Social Science learning outcomes, Role Playing methods

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.