PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

Defit Christiyana Isabetty,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran, dan 2) meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Daratan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Desain penulisan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar. Proses pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa mudah memahami pelajaran IPS. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 6,67 menjadi 12,92 .

Kata Kunci: hasil belajar, metode role playing, kelas V SD

Abstract

The research are intended to 1) enhance the learning process, 2) improve social studies learning outcome using role playing of fifth grade students in SD Negeri Daratan. This research was a classroom action research. The subjects were fifth grade students, totalling 12 students. Research design using the Kemmis and Mc Taggart model. Data collection methods used test, observation, and documentation. The techniques of data analysis using quantitative and qualitative descriptive. The results show that learning outcome can increase using role playing method. The increase of the learning process of students' activity can be seen in the following study, and students easily understand social studies. The improvement learning outcomes in the first cycle of 6.67 to 12.92 in second cycle.

Keywords: learning outcomes, role playing method, fifth grade

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.