PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN

Asri Feriyanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, keuntungan dan kendala penerapan pembelajaran berbantuan komputer Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Di SD Muhammadiyah Pakem Sleman, pada semester genap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru IPS kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berpedoman pada multimedia interaktif yang akan disampaikan, RPP yang tertulis secara administratif belum menunjukkan pembelajaran berbantuan komputer, ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki yaitu metode, alokasi waktu, penilaian, dan sumber belajar, (2) pembelajaran dengan dua cara, pertama guru menggunakan LCD, kedua siswa belajar mandiri, (3) keuntungan pelaksanaan pembelajaran adalah dapat memudahkan perencanaan pembelajaran, guru lebih inovatif, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, (4)  kendala pelaksanaan  pembelajaran adalah  keterbatasan  kemampuan  guru, sarana  hanya  cukup  untuk satu rombongan belajar, dan waktu yang terbatas.

Kata kunci: pembelajaran berbantuan komputer, ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar.

Abstract

This study aims to describe the planning, implementation, advantages, and constraints of the application of computer-assisted learning of Social Studies in Grade V of SD Muhammadiyah Pakem, Sleman, in the even semester. This was a descriptive study using the qualitative approach. The research subject was the Social Studies teacher of Grade V. The data were collected through observations, interviews, and documentation. The results of the study are as follows. (1) The lesson plans are designed on the basis of the interactive multimedia to be used. The lesson plans written for an administrative purpose have not reflected computer-assisted learning. There are several components that need improving, namely method, time allocation, assessment, and learning resources. (2) Learning is implemented through two techniques by which the teacher uses an LCD projector and the students learn independently. (3) The advantages of the learning implementation are that it facilitates lesson planning, the teacher is more innovative, and the students are more enthusiastic in learning. (4) The constraints of the learning implementation are that the teacher’s competency is limited, the facility is only for one class, and the time is limited.

Keywords: computer-assisted learning, Social Studies, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.