PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhaap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih yang berjumlah 84 siswa. Variabel yang diteliti yaitu keterampilan membaca pemahaman dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan keterampilan membaca pemahaman berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 50,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, tahun ajaran 2015/2016.
Abstract
The aim research was find out the effect of students’ reading comprehension skill in students’ mathematics word problems solving skill of grade IV elementary school group IV Subdistrict Pengasih, in the academic year 2015/2016. This research used quantitative analysis method. The subject research were 84 students. The variables were reading comprehension skill and mathematics word problems solving skill. Data gathering technique used valid and reliable test instrument. The hypothesis experiment used Simple Linear Regression. The result shows that students’ reading comprehension skill is affect students’ mathematics word problems solving skill. It is 50,4% and the rest affected by other factors. Hypothesis experiment shows the sig value 0,000, it is less than 0,05. There is a significance effect of students’ reading comprehension skill in students’ mathematics word problems solving of grade IV elementary school group IV Subdistrict Pengasih, Regency Kulon Progo in academic year 2015/2016.
Key Word: reading comprehension, mathematics word problems
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.