PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KONSEP PECAHAN SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS III SD NEGERI KARANGWUNI I GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi konsep pecahan
sederhana melalui pembelajaran matematika realistik kelas III SD Negeri Karangwuni I Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc.
Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Karangwuni I
sebanyak 22 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data hasil penelitian
diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Data hasil penelitian tentang materi konsep pecahan
sederhana dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika materi konsep
pecahan sederhana dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Karangwuni I
Gunungkidul. Pada saat observasi pra tindakan materi konsep pecahan sederhana menunjukkan nilai
rata-rata kelas diperoleh 44.54. Pada siklus I, diberikan tindakan dengan pembelajaran matematika
realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok pada materi konsep pecahan sederhana (mengenal
pecahan sederhana), sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69.54. Pada siklus II, diberikan
tindakan dengan pembelajaran matematika realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok dan
penghargaan pada materi konsep pecahan sederhana (membandingkan pecahan sederhana), sehingga
nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77.72.
Kata Kunci: konsep pecahan sederhana, pembelajaran matematika realistik, dan siswa SD
Abstract
This study aims to improve mathematics achievement through realistic mathematic
learning of simple fraction concept at third grade students of Elementary School Karangwuni
I Gunungkidul. This type of research is a classroom action research conducted with the
Kemmis and Mc. Taggart model consisting of 2 cycles. Subjects were students of third grade
of Elementary School Karangwuni I amounting to 22 students. The research instrument used
tests and observation. Data were obtained from the observations and the results of tests of
learning. Research data about the material of simple fractions concept were analyzed by
descriptive quantitative and qualitative descriptive. The results showed that realistic
mathematics learning in mathematics learning about simple fractions concept can improve
student achievement at Elementary School third grade Karangwuni I Gunungkidul. At the
time of observation of the pre-action material concept about simple fractions showed that
average values was 44.54. In the first cycle, it was given the action with realistic mathematics
learning method combined with group work on material simple fractions concept (simple
fractions understanding), so that the class average value increased up to 69.54. In the second
cycle, it was given the action with realistic mathematics learning methods combined with
teamwork and giving reward for the material of simple fractions concept (comparing simple
fractions), so that the class average value increased to 77.72.
Keywords: simple fractions concept, realistic mathematics learning, and elementary school students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.