UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANGENREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru melakukan enam upaya mengatasi kesulitan belajar matematika sebagai berikut: (1) guru memastikan kesiapan siswa belajar matematika (2) pemakaian alat peraga yang terkait materi ajar (3) permasalahan
yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (4) tingkat kesulitan soal sesuai kemampuan siswa (5) memberi kebebasan siswa untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan caranya (6) menghilangkan rasa takut siswa. Adapun kendala guru meliputi meliputi kondisi fisik, lingkungan, motivasi & sikap, dan psikologis.
Kata kunci: upaya guru, kendala guru, SD Negeri 1 Pangenrejo
Abstract
This research purposed to descript teachers efforts to solving teaching difficulty of mathematics on students grade four elementary SD Negeri 1 Pangenrejo. This research used descriptive qualitatitve approach. Subject on this research were teachers and eight students of 4th grade. Data collection techniques were observation, interview, and documentation. Data analisys technique using Miles and Huberman Model. Technique of data validation done technique and resource triangulation. The result research refers to according all of teachers do six effort handle difficulty studies for students. This things show by: (1) teachers enactive readiness students for studying mathematics (2) the use of visual media are related with content (3) the problems are related with daily activities (4) level of question difficulty appropriate with students ability (5) give freedom for students to solving problem appropriate with they own (6) eliminate the fear of students. Teachers constraint in effort to handle difficulty are physicals condition, area, motivation & attitude, and psycologic.
Keywords: teachers effort, teachers constraints, elementary school 1 of Pangenrejo
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.