PENGEMBANGAN MEDIA SINAU MACA AKSARA JAWA (SI MARJA) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA

Ervan Adi Kusuma,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Si Marja yang layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa di kelas IV SD N Keputran A Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif menggunakan naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi mendapat nilai rata-rata 4,54 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,34 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,3 merupakan kategori sangat baik, sedangkan uji coba kelompok kecil mendapatkan skor sebesar 4,5 yang termasuk kategori sangat baik. Secara kualitatif media pembelajaran interaktif Si Marja memenuhi kriteria dari segi materi yaitu sesuai dengan kurikulum dan tingkat pemahaman siswa yaitu mengenal aksara Jawa legena, sandhangan swara, dan sandhangan panyigeg. Berdasarkan pengamatan secara langsung, media pembelajaran interaktif Si Marja dapat memotivasi siswa belajar membaca aksara Jawa.
Kata kunci: pengembangan, media interaktif Si Marja, aksara Jawa
Abstract
This research was aimed to develop Si Marja interactive learning media which is possible to be a learning media to ease the learning process of Javanesse letter in 4th grader of SD N Keputran A Yogyakarta. This research was a development one which refered to Borg & Gall’s model. The quantitative data was analysed using statistic descriptive while the qualitative data was analysed using narative descriptive. The research showed that the material validation got average score 4,54 which was very good in the criteria. The media validation got average score 4,34, which included in very good criteria. Individual testing got 4,3 score in average which was very good in category while small testing got 4,5 score in average which was very good in the category. Quatitatively, Si Marja interactive learning media fulfiled the material criteria, which was suitable with the curricullum and the student’s comprehension level about recognizing legena, sandhangan swara, and sandhangan panyigeg of Javanesse letter.
Keywords: development, interactive media Si Marja, Javanesse letter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.