IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI WIDORO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada kelas inklusi. Aspek yang diamati meliputi pembelajaran, keteladanan, penguatan, dan pembiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V(SN). Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V SD Negeri Widoro sudah menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di kelasnya melalui pembelajaran, keteladanan, penguatan, dan pembiasaan. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menekankan penanaman nilai karakter toleransi dan peduli. Hal tersebut dilakukan guru dalam pembelajaran dengan cara menanamkan konsep melalui penjelasan, membahas isu moral, cerita, pembelajaran aktif, serta metode kerja sama. Selain itu, guru juga memberikan keteladanan dalam sikap dan tindakan, memberi penghargaan, memberi pendampingan individual serta membiasakan siswa berbaur dengan temannya yang berkebutuhan khusus, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Kata kunci: pendidikan karakter, kelas inklusi
Abstract This research is aimed to describe implementation of character education at inclusive class. This research is a qualitative case study. Aspects observed in implementation of character education includes learning, modeling, reinforcing, and habituating. The subjects which is used in this research is teacher in fifth gradeclass with initial SN. Informants in this study were headmaster and two students in the fifth grade class. The data collection that is used in this study using observation, interview and documentation. Data is analyzed using data reduction, data display, and making conclusion. Validity test of the data using triangulation source and triangulation techniques. The results showed that teacher in the fifth grade at SD Negeri Widoro do character education by learning, modeling, reinforcing, and habituating. In the learning, teacher give priority to value tolerance and caring. Theacher did it with give the concept through explanation, discution moral issue, story, active learning, and cooperative method. Beside that, teacher also give modeling, reward, individual accompaniment and habituating the students interact with their friends that have special needs, in the class and in the out of class.
Keywords : character education, inclusive class
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.