UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PETA KONSEP DI KELAS III SD N MINOMARTANI 1

Adjie Nugroho Surya Putra,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Penggunaan Metode
Peta Konsep Bagi Siswa Kelas III SD N Minomartani 1 Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan
secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model
Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Minomartani 1 yang berjumlah 25
siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode peta konsep.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan
lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum diterapkannya metode peta konsep pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diperoleh sebanyak 5 siswa (20%) tuntas dan 20 siswa
(80%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 60%. Namun setelah pembelajaran dengan
menggunakan metode peta konsep dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I
dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan
sebanyak 13 siswa (52%) tuntas dan 12 siswa (48%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas
70,24%. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 22 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa
(12%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 81,44%. Dengan adanya peningkatan yang terjadi
pada siswa yang telah mencapai 88% siswa telah mencapai ketuntasan dan melebihi maka
dinyatakan bahwa standar keberhasilan telah mencapai 75% tuntas.
Kata Kunci: hasil belajar IPS, metode peta konsep
ABSTRACT
This research aims to Improving Learning Outcome Of Social Studies Using Map
Concept Methods For The Students Third Grade Of Sd N Minomartani 1 Academic Years
2014/2015.
This research is classroom action research which will be done collaborative with class
room teachers. This research design using Kemmis & mctaggart modification model in 2 cycle
consisting of planning, implementation, monitoring, and reflection. Subject in this research is a
student grade III SDN Minomartani 1, amount to 25 students. Research object is to improve
social studies learning outcome through map concept methods. The data collection technique using a test and observation. The study Instrument using observation sheets and question or
evaluation of the learning results. The data Analysis techniques will be done descriptive
quantitative and qualitative descriptive.
The study results showed that Before applying the map concept method in the
teaching Social Sciences, increased by as much as 5 students (20%) completed and 20
students (80%) not completed and the average value class 60%. But after the learning by using
the map concept methods in the Social Science learning cycle I and II obtanined data that
student learning outcomes increased. Learning outcome cycle I stated that as many as 13
students (52%) completed and 12 students (48%) is not yet complete and average class value
70.24 percent. Then the results of the tests cycle II shows 22 students (88%) completedly and 3
students (12%) is not yet complete and class average value 81.44%. By the upgrading that
happened in the students who had reached 88% students have been reached completedly and
more so that it was revealed that the standard success has reached 75% are complete.
Key words: social studies learning outcome, the map concept method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.