MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH SEKOLAH BERBASIS AGAMA DI MI TAHASSUS PRAPAGKIDUL KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO

Rizka Nur Laila Dewi,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan orang tua termotivasi
menyekolahkan anaknya di MI Tahassus Prapagkidul serta faktor dominan orang tua termotivasi menyekolahkan
anaknya di sekolah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa MI
Tahassus Prapagkidul sebanyak 176 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan kuesioner dan
dokumentasi dibantu dengan instrumen berupa kuesioner skala bertingkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor-faktor yang menyebabkan orang tua termotivasi menyekolahkan anaknya di MI Tahassus Prapagkidul terdiri
dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor intrinsik diurutkan dari faktor yang memperoleh persentase
terbesar ke terkecil yaitu antara lain: (1) berakhlak mulia, (2) memahami fiqh ibadah, (3) memahami Al-Qur’an, (4)
memiliki pengetahuan agama, dan (5) berprestasi. Sedangkan faktor-faktor ekstrinsik diurutkan dari faktor yang
memperoleh persentase terbesar ke terkecil yaitu: (1) ketertiban sekolah, (2) porsi pendidikan agama, (3) profil
pendidik, (4) visi dan misi sekolah, (5) alternatif aktivitas, (6) keterampilan skolastik, (7) kurikulum pembelajaran,
(8) sarana fisik, (9) lokasi sekolah dan lingkungan, (10) dorongan dari keluarga, (11) dorongan dari lingkungan
masyarakat, dan (12) biaya. Faktor dominan dari motivasi intrinsik orang tua yaitu faktor berakhlak mulia dengan
persentase 90 %. Sementara faktor dominan dari motivasi ekstrinsik orang tua yaitu faktor ketertiban sekolah
dengan persentase 76 %.
Kata kunci: motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, sekolah berbasis agama
Abstract
This study is purposed to describe the factors that lead the parent motivated to send their children in MI
Tahassus Prapagkidul and the dominant factor of parents motivated in sending their children in this school. This
study uses a quantitative approach by descriptive research. The method is a survey research. The subjects are all
parents of students MI Tahassus Prapagkidul amount 176 people. Data collection techniques are implemented by
using questionnaires and documentation aided by the form of a graduated scale questionnaire instruments. The
results of the study show that the factors which lead parents motivated to send their children in MI Tahassus
Prapagkidul consists of intrinsic and extrinsic factors. Intrinsic factors are sorted from the factor which gains
largest percentage to the smallest among other things: (1) morality, (2) understand the jurisprudence of worship,
(3) understand the Qur'an, (4) have knowledge of religion, and (5) achievement. While the factors extrinsic are
sorted from the factor which gains largest percentage to the smallest, namely: (1) the order of the school, (2) the
portion of religious education, (3) the profiles of educators, (4) the vision and mission of the school, (5) an
alternative activity, (6) the scholastic skills, (7) the learning curriculum, (8) the infrastructure, (9) the location of
the school and the environment, (10) the encouragement of family, (11) the encouragement of the community, and
(12) the tuition. The dominant factor of parent’s intrinsic motivation is the factor of good character with
percentage of 90%. While the dominant factor of parent’s extrinsic motivation is a factor of the order of school
with percentage of 76%.
Keywords: intrinsic motivation, extrinsic motivation, religion based school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.