HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAPPRESTASI BELAJAR IPS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD KELAS III

Pintoro Adi Saputro,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar
IPS dan kecerdasan interpersonal siswa SD Negeri kelas III se-Gugus Kresna, Kecamatan Selopampang,
Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III
SD Negeri se-Gugus Kresna, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung yang berjumlah 108 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Skala psikologi digunakan untuk
mengumpulkan data perhatian orang tua dan kecerdasan interpersonal, sedangkan dokumentasi digunakan untuk
mengumpulkan data prestasi belajar IPS. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas dengan
konsistensi internal menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS adalah 4,8%
dengan nilai thitung sebesar 2,321 dan nilai signifikansi 0,022, sedangkan besarnya hubungan perhatian orang tua
terhadap kecerdasan interpersonal siswa adalah 35,1% dengan nilai thitung sebesar 7,579 dan nilai signifikansi
0,000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perhatian orang tua
terhadap prestasi belajar IPS dan kecerdasan interpersonal siswa SD Negeri kelas III se-Gugus Kresna,
Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: perhatian orang tua, prestasi belajar IPS, kecerdasan interpersonal
Abstract
This research aimed to determine the correlation between parent's attention to learning achievement of social science
and interpersonal intellegence from 3rd grade students of elementary school in Cluster of Kresna, District of Selopampang,
Temanggung Regency in 2014/2015 school year. This research uses a quantitative approach and the type of research is ex
post facto. The population in this study are all third grade students of elementary school in Cluster of Kresna, District of
Selopampang, Temanggung Regency, totaling are 108 students. Data collection method using a scale of psychology and
documentation. Scale is used to collect data psychology of parents’ attention and interpersonal intellegence, while
documentation is used to collect data learning achievement of social science. Test the validity of using expert judgment and
reliability test of internal consistency using Cronbach Alpha. Data were analyzed using regression analysis. The results
show the magnitude of the correlation between parent’s attention to the learning achievement of IPS is 4.8% with tcount is
2,321 and a significance value 0.022, while the magnitude of the correlation between parent’s attention to the students
interpersonal intelligence is 35.1% with tcount is 7.579 and significance values 0,000. From the results of this research
concluded that there is a positive correlation between parent’s attention to learning achievement of social science and
interpersonal intellegence from 3rd grade students of Elementary School in Cluster of Kresna, District of Selopampang,
Temanggung Regency in 2014/2015 school year
Keywords: parent’s attention, learning achievement of social science, interpersonal intellegence

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.