PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPA KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Surokarsan II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas 5. Dengan menggunakan media kartu yang dibagikan selama pembelajaran dan pembentukan kelompok untuk mencari pasangan membuat siswa aktif dan antusias sehingga meningkatkan motivasi belajarnya. Pada pratindakan presentase motivasi belajar siswa masih dalam kategori kurang sekali (54%). Pada siklus I mengalami peningkatan, sehingga naik menjadi kategori cukup (74%). Dengan hasil akhir motivasi belajar IPA siswa dalam kategori sangat baik (89%).
Kata kunci: motivasi belajar IPA, model make a match.
Abstract
This research aims at improving the students learning motivation sains of 5th grade students at SDN Surokarsan II. This research was collaboration Classroom Action Research with Kemmis and Taggart model. The subjects of this research were 20 students of 5th grade. Data collection techniques used questionnaire and observation. The data analysis used quantitative and qualitative descriptive. The research’s result shows that using make a match model can improve the students learning motivation sains of 5th grade. By using card distributed to students during the learning and forming group to finding match can make the students active and enthusiasthic so that increase their learning motivation. Pre-action percentage of students learning motivation still in less category (54%). Improving in cycle I to enough category (74%). The final results that students learning motivation sains on category very good (89%).
Keyword: students learning motivation of sains, make a match model
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.