PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang didasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,4 dengan persentase sebesar 44% dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 76,56 dengan persentase 80%. Dengan demikian, penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III B.
Kata kunci: metode tutor sebaya, penelitian tindakan kelas, hasil belajar IPA
Abstract
This research aims at improving of science learning outcomes of third grade students. This research was a classroom action research, followed the procedures of Kemmis and Taggart model. The subject of this research was third grade students in SD N Margoyasan consisted of 25 students. The data were collected using observation and test. The data were anaysis descriptive quantitative and descriptive qualitative techniques. The research's result shows that the average score on first cycle is 68,4 with percentage 44% and the average score on second cycle is 76,56 with percentage 80%. Therefore, the using of peer tutoring method can improve the science learning outcomes on III B students.
Keywords: peer turtoring, classroom action research, science learning outcomes
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.