PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL DALAM PEMBELAJARAN SBK MENGGUNAKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI SINDUADI 1

Muhamad Azwar Anas,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan musikal siswa kelas IVB menggunakan alat musik angklung dalam pembelajaran SBK di SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan angklung sebagai media dapat meningkatkan kecerdesan musikal siswa. Hal itu dapat dilihat dari siswa yang sudah dapat menyanyikan melodi dan dapat memainkan angklung dengan lancar sesuai nada dan irama. Hasil observasi pada kondisi awal hanya 1 siswa yang dapat menunjukan kecerdasan musikalnya dengan cara menyanyi dengan nada yang tepat. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I sehingga terdapat 13 siswa (46,42%) yang mencapai tuntas hasil belajar dengan rerata kelas 65,65 (cukup). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 siswa (100%) yang
mencapai tuntas belajar dengan rerata kelas yang dicapai sebesar 91,90 (sangat baik).

Kata kunci: kecerdasan musikal, alat musik angklung, Pembelajaran SBK

Abstract

This research aims at improving the musical intelligence in cultural arts and skills using angklung learning on 4th grade students of elementary school Sinduadi 1. The kind of this research was
belong to collaborative classroom action research which was used Kemmis and Mc Taggart model. The data collecting method was carried out with observation, interview and documentation. The data analysis that had been used descriptive quantitative and qualitative. The result shows that the use of angklung media can improve the student’s musical intelegence. It can be seen the students can sing melody and play angklung musical instrument according to the tone and rytme smoothly. The result of observations on the initial conditions is only one student who can perform musical intelligence with how to sing the right tone. Then the action on the first cycle so that there are 13 students (46.42%) who achieves complete learning with an average grade 65.65 (enough). In the second cycle increase to 28 students (100%) who ahieves complete learning with the average grade 91.90 (very good).

Keywords: musical intelligence, angklung musical instrument, cultural arts and skills learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.