PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SEGUGUS 4 KECAMATAN LOANO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Loano, Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex postfacto. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD se-gugus 4 Kecamatan Loano yang berjumlah 131 peserta didik. Sampel terdiri dari 99 peserta didik yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala
psikologi untuk mengumpulkan data konsep diri dan kemandirian siswa. Validitas instrumen dilakukan validitas isi dan menghitung dengan daya diskriminasi aitem. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh konsep diri sebesar 41,1%.
Kata kunci: konsep diri, kemandirian belajar siswa.
Abstract
This research aims to know the effect of self-concept to independent learning of Elementary school fifth grade students in Gugus 4 Kecamatan Loano, Purworejo. The kind of this research was quantitative and the method was ex postfacto. The population were 131 students. The sampling was using Slovin's proportional random sampling to get 99 students as sample. Data collecting technique in this study was psychology scale to get data about self-concept and independent learning. Validity test of the instrument in this study used content validation with item reduction. Reliability test of the instrument used alpha cronbach's method. Pre-condition test of this study used normality testing, heteroscedasticity, and autocorrelation. Data hypothesis test used regression method. The result of this research shows that independent learning is effected positive and significant by self-concept with 41,1%.
Keywords: self-concept, students independent learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.