PROSES SOSIALISASI SISWA YANG DITOLAK (REJECTED CHILDREN) PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 WATES
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses sosialisasi siswa yang ditolak (rejected children) pada kelas IV SD Negeri 5 Wates. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa yang ditolak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan proses sosialisasi siswa yang ditolak berbeda dengan siswa pada umumnya. Pada proses belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, siswa yang ditolakmenunjukan perilaku mengganggu, tidak ramah, berperilaku sederhana, tidak menjaga kebersihan diri, melanggar aturan, tidak jujur, sopan dan tidak dapat menahan amarah. Pada proses memerankan peran sosial yang dapat diterima, siswa yang ditolak menunjukan perilaku menjalankan piket dengan tertib, tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok, mengikuti pelajaran dengan tertib, menaati perintah guru, membantu orang tua dan menaati perintah orang tua. Pada proses perkembangan sikap sosial, siswa yang ditolak menunjukan perilaku membantu teman dan dapat menerima perbedaan pendapat.
Kata kunci: Proses Sosialisasi, Siswa yang ditolak (Rejected Children)
Abstract
This study aims to describe the socialization process of rejected children in 5 Wates State Elementary School grade 4. The type of this study is qualitative descriptive. The subjects of the study were three rejected students. Data collection techniques in this study used observation, interview, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data display, and conclusion drawing. Validty test of the data in this study were technique triangulation and source triangulation. The results shows that socialization process of rejected children are defferent than ordinary students. In process social accepted behavior , the rejected students seem to annoy their friends, not friendly, simple act, can’t maintain personal hygiene, breaking rules, not honest, polite and can’t manage their anger. In the prosses of playing the social role that can be accepted, rejected student do picket duty in an orderly manner, don’t participate in the task group, participate the lesson orderly , obey the command of the teacher, help parents and keep the commandments parents. In the process of social manner development, the rejected students help the needed friends and can tolerate the dissent with friends
Keywords: Social Devolepment, Rejected Students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.