IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS II SDN PREMBULAN, KULON PROGO

Ika Budhi Utami,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, hambatan yang ditemui guru dan upaya mengatasi hambatan dalam implementasi Pendekatan Saintifik di kelas II SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II, siswa kelas II, dan kepala SDN Prembulan. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi Pendekatan Saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar angket, dan pedoman analisis RPP. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus dan buku guru, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan Pendekatan Saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, pelaksanaan pembelajaran tersebut belum maksimal. Guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Namun guru jarang menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Hambatan yang dialami guru dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kata kunci :implementasi, pendekatan saintifik, kurikulum 2013 Abstract The purpose of this research are to describe a plan, realization, assessment, teacher’s obstacles, and the effort to overcome that obstacle in the implementation of Saintific Approach at 2nd grade students of SDN Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo. This research is qualitative research. The research subjects are teacher and students of 2nd grade, and the headmaster of SDN Prembulan. The research objects are some activities at implementation of scientific approach. The research instruments is researcher using observation guidance, interview guidance, questionnaire, and lesson plan analyze guidance. The data is analyzed by using data reduction, data display, and a conclusion. Data validity test uses triangulation technique and source. The result of this research shows that the lesson plan which is done by teacher are analyzing syllabus, analyzing teacher book, and organizing lesson plan which describes the step of scientific approach. The teacher has done scientific approach learning include observing, questioning, collecting information/experimenting, associating/reasoning, and communicating. But, the implementation has not been maximal. The teacher has had authentic assessment to evaluate affective, cognitive, and psychomotor students. But the teacher rarely used assessment instrument and rubric. The teacher’s obstacles in the implementation of scientific approach are the obstacle of planning, implementation, and assessment.
Keywords: implementation, scientific approach, curriculum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.