PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan pengaruh reward terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan B SD Muhammadiyah Piyaman dengan 20 anak pada kelas A sebagai kelas eksperimen dan 20 anak pada kelas B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diambil melalui metode pengamatan (observation) dan angket (questionnaire). Instumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan skala sikap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif membandingkan mean antara pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor motivasi kelas kontrol untuk pretest sebesar 73,2 dan posttest sebesar 76,4. Perolehan rata-rata skor motivasi kelas eksperimen untuk pretest sebesar 73,85 dan posttest sebesar 96,15. Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata pretest-posttest pada kelas kontrol sebesar 3,2 dan pada kelas eksperimen sebesar 22,3.
Kata kunci: penguatan, minat belajar IPA.
Abstract
The purpose of this research is to find out the influence of giving rewards to the learning motivation of Natural Sciences in fourth grade students of SD Muhammadiyah Piyaman the academic year 2016/2017. This research used quantitative method by implementing quasi experiment type. This research subject was the students of class IV A and B from SD Muhammadiyah Piyaman with 20 students for each class, class A as an experimental class and class B as a control class. The data was collected by implementing the observation and questionnaires methods. The instruments that been used include observation sheets and scale of Natural Sciences learning motivation. The instruments validity were tested by using validity construct and reliability testing using Alpha formula. Hypothesis testing used a descriptive analysis by comparing the mean between pretest and posttest. Measurement of the conditions before granting reward (treatment) for pretest, and measurement of the conditions after the end of treatment for the posttest. The result showed that there was an influence of reward on the motivation to learn science in fourth grade students of SD Muhammadiyah Piyaman the academic year 2016/2017. This is shown by the average achieved a pretest score of motivation at 73.85 and posttest at 96.15 in experimental class. Thus there are differences in the average of pretest-posttest score at 22.3.
Keywords: rewards, interest in studying science.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.