NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA TOKOH ANOMAN DALAM SENDRATARI RAMAYANA EPISODE ANOMAN OBONG RAMAYANA YAYASAN RARA JONGGRANG

Bramantyo Fendi Prastowo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan pada tokoh Anoman
dalam sendratari Ramayana Yayasan Rara Jonggrang episode Anoman Obong.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan
adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat bantu rekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah
model interaktif Milles dan Huberman yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Untuk
mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahanya maka digunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tokoh Anoman dalam sendratari Ramayana Yayasan
Rara Jonggrang episode Anoman Obong terdapat nilai-nilai pendidikan pada tokoh Anoman. Nilai-nilai
tersebut adalah tanggung jawab, keberanian, loyalitas, tolong menolong, kejujuran, kepahlawanan,
kedisiplinan. Nilai tanggung jawab Anoman dapat dilihat saat Anoman berhasil memberikan cincin
kepada Sinta. Keberanian Anoman dapat dilihat pada saat Anoman berani melawan rasaksa Alengka.
Loyalitas Anoman dapat dilihat saat Anoman mau menjalankan tugas yang diberikan oleh Rama. Tolong
menolong dapat dilihat saat Sempati dan Anoman bergantian saling menyembuhkan penyakitnya.
Kejujuran Anoman dapat dilihat saat Anoman mengatakan kepada Sinta bahwa dia adalah kera utusan
Rama. Kepahlawanan Anoman dapat dilihat saat Anoman berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan
oleh Rama. Kedisiplinan Anoman dapat dilihat saat Anoman behasil menyelesaikan tugasnya dalam
waktu satu hari.
Kata kunci : nilai-nilai pendidikan, Anoman, sendratari Ramayana
Abstract
This study aimed to describe about the value of education in Anoman character in Ramayana Ballet
Foundation Anoman Obong Rara Jonggrang episode.
This study uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques used in this study is
the in-depth interview. The instrument used was the researcher who assisted with the recording tools. The data
analysis technique used is Milles and Huberman interactive model of data reduction, exposure data, and inference.
To obtain data that can be responsible for the validity used triangulation.
The results showed that the characters in the Ramayana Ballet Foundation Anoman Rara Jonggrang
Obong Anoman episodes are the values of education in Anoman figures. These values are responsibility, courage,
loyalty, mutual help, honesty, heroism, self-discipline. Value responsibility Anoman can be seen when Anoman
managed to give the ring to Sprott. Anoman courage can be seen when Anoman bravely against rasaksa Alengka.
Anoman loyalty can be seen when Anoman want to execute tasks assigned by Rama. Please help can be seen when
Sempati and Anoman turns touching and cure the illness. Honesty Anoman can be seen when Anoman Sprott told
that he is the messenger of Rama ape. Anoman heroism can be seen when Anoman successfully complete the task
given by Rama. Anoman discipline can be seen when Anoman behasil finish the job in one day.
Keywords: value of education. Anoman, sendratari Ramayana

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.