PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK

Erlin Dalrini,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa di kelas V SDN Pengkol melalui model pembelajaran tipe Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 24 orang. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data  yang digunakan  adalah  observasi  dan skala  psikologi. Teknik analisis data  menggunakan  deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Talking Stick dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I sebesar 74% termasuk dalam kriteria tinggi. Pada siklus II meningkat menjadi 82% dengan sangat tinggi.

Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran kooperati tipe Talking Stick, IPS

Abstract

This research aims at mproving social studies learningmotivastion of fifth grade students throught talking stick type. This type of research was classroom action research. Subject were students in fifth grade totalling 24 students. This research design used the Kemmis & Taggart model. Data collection techiques used observation and psychological scale. Data analysis techniques used quantitative descriptive. The result show that the use of 74% with high criteria. In the second cycle increase to 82% with a very high criteria.

Keywords: motivation of learning, cooperative learning type Talking Stick, social studies


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.