PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKORINI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan pelaksanaan layanan bimbingan belajar di kelas IV SD Negeri 1 Sukorini. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan angket. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum membuat program layanan bimbingan belajar. Layanan bimbingan belajar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan pemahamannya. Layanan bimbingan belajar oleh guru dipahami sebagai suatu bentuk bantuan bagi siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai target yang ditetapkan. Dalam melaksanakan layanan bimbingan belajar, guru mengalami hambatan antara lain keterbatasan pemahaman, waktu, serta keterampilan.
Kata Kunci: layanan bimbingan belajar
Abstract
This study aims at describing the implementation and handicap of the implementation of tutoring services in fourth grade SDN 1 Sukorini. This research used a qualitative approach. Subjects of this research was fourth grade teacher. The research instrument used interview, documentation, observation, field notes and questionnaires. The measures include the reduction of data analysis, data presentation, and verification. The data validity using a triangulation technique. The results show that teachers not yet made a tutoring service program. Tutoring services performed by teachers in accordance with his understanding. Services tutoring by teachers understood as a form of assistance for students to achieve the learning outcomes according to the set targets. In carrying out the tutoring service, teachers experiencing barriers include lack of understanding, time, and skills
Keywords: tutoring services
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.