PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SD NEGERI KEPEK

Aris Setiawan,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan belajar kelompok dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Kepek, Pengasih, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/ 2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan expert judgment. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan prestasi dan minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata kelas nilai tes pra siklus sebesar 59,7, siklus I menjadi 74,49 dan siklus II menjadi 79,825. Sedangkan hasil dari minat belajar siswa pra siklus menunjukan rata-rata sebesar 47,73 % (kurang). Setelah dikenai tindakan, rata-rata kelas minat belajar siswa siklus I menjadi 62,485 % (cukup), dan siklus II menjadi 73,33 % (baik).
Kata kunci: penerapan belajar kelompok, minat belajar siswa, prestasi belajar Bahasa Indonesia
Abstract
This study aims to determine the results of study group application in increasing interest and achievement on Indonesian lessons of third grade students in SD Negeri Kepek, Pengasih, Kulon Progo Academic Year 2014/2015.
This research is a classroom action research. Subjects in this study were 33 students. Data collection methods used observation, documentation, and testing. Validity and reliability test used expert judgment. Analysis of the data used is qualitative descriptive and quantitative descriptive.
The process of implementation of the research is conducted with 2 cycles. Each cycle is done on 2 meetings. These results indicate an increase in achievement and interest students. This is evident from the average grade pre-cycle test scores by 59.7, the first cycle to 74.49, and the cycle II up to 79.825. While the results of students interest pre-cycle shows that the average of 47.73% (less). After the application of the subject, the average grade student interest first cycle to 62.485% (enough). And the cycle II to 73.33% (good).
Keywords: application of study group, student interest, learning achievement on Indonesian lessons

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.