PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASH CARD SISWA KELAS I SDN SUROKARSAN 2

Avivtin Oktavi Indrayani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media flash card siswa kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja membaca permulaan. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media flash card dapat meningkatan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil pencapaian rerata siswa pada pratindakan sebesar 41,38% meningkat menjadi 58,62% pada siklus I dan menjadi 82,76% dalam kategori sangat baik pada siklus II. Langkah-langkah penelitian dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan media flash card yaitu: 1) siswa mengamati media flash card yang disusun dan dipegang guru, 2) guru menunjukkan kartu paling depan dan meletakannya di urutan paling belakang sambil mengucapkan kata dalam flash card hingga kartu terakhir, 3) siswa membaca dan mengikuti ucapan guru dalam waktu yang relatif cepat, dan 4) siswa praktik membaca permulaan secara individu

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media flash card, sekolah dasar

Abstract

This research aims at improving the early reading skills through a flash card media of first grade students of SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. This research was a collaborative classroom action research. Data collection methods used observation and test the performance. The techniques analysis used quantitative and qualitative descriptive. A flash card can improve students early reading skills. This is evidenced from the mean in pretest 41,38% increase to 58,62% in the first cycle and 82,76% in the second cycle with very well criteria. The early reading skills process: 1) students observe the flash card, 2) teacher show the first card and put it to the back while saying the word, 3) students read and follow the words, 4) students practice individually.

Keywords: early reading skills, flash card media, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.