PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DI SD NEGERI 2 WATES KULON PROGO

Sarah Atikah Tsamarah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan nilai nasionalisme dan kendalanya di SD Negeri 2 Wates Kulon Progo. Penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri 2 Wates. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan nilai nasionalisme di SD Negeri 2 Wates dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan. Kendala yang dihadapi dalam pendidikan nilai nasionalisme yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pendidikan nilai nasionalisme, khususnya pada ekstrakurikuler membatik.

Kata Kunci: pendidikan nilai, nasionalisme

Abstract

This research aims at decribing the method of education of nationalism value and its obstacle in SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo. This research used the descriptive qualitative approach. Subjects in this research were principals, teachers, and students of SD Negeri 2 Wates. Data collection techniques in this research used observation, interviews, and documentation. The verivication of data employed source triangulation and techniques triangulation. The result showes that education of nationalism value in SD Negeri 2 Wates was done by habituation and examplary. The obstacles encountered in cultivation of nationalism value is the lack of student engagement in education of nationalism value activities, especially in extracurricular batik.

Key Words: value education, nationalism

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.