MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS IV SD N KATONGAN I

Wening Nadzifah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R di kelas IV SD N Katongan I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Katongan I yang berjumlah 18 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD N Katongan I mengalami peningkatan melalui penggunaan metode SQ3R. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya proses pembelajaran dan peningkatan hasil tes membaca pemahaman. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata hasil pratindakan sebesar 61,11 dengan persentase ketuntasan siswa pada saat pratindakan sebesar 16,67% meningkat menjadi 68,36 dengan persentase ketuntasan  55,56% pada akhir siklus I. Nilai rata-rata siswa pada siklus II menjadi 77,33 dengan persentase ketuntasan 100%.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R, Sekolah Dasar

Abstract

This research aims at improving the reading comprehension skill using SQ3R method on fourth grade of SD N Katongan I. The type of this research was collaborative classroom action research. The subjects in this research were 18 fourth grader students of SD N Katongan I. The design used Kemmis and Mc. Taggarts’s. The data collection in this research was through the test and observation. The analysis data used in this research were quantitative descriptive and qualitative descriptive. The research shows that the the SQ3R method can improve the reading comprehension skill of SD N Katongan I’s fourth grader students. It can be seen from the improvement of learning process and the improvement of the reading comprehension test results. The result of the test shows that the pretest average score is 61,11 with students’ pretest completeness percentage is 16,67% increases to 68,36 with completeness percentage 55,56% in the end of cycle I. The students’ average score in cycle II is 77,33 with completeness percentage 100%.

Keywords: reading comprehension skills, SQ3R method, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.