MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR

Kurnia Palupi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa dengan menerapkan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas III SD Negeri Beji. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Beji yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 23 siswa putra dan 9 siswa putri. Objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan proses dan keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa siswa kelas III SD Negeri Beji. Persentase
ketuntasan siswa meningkat dari kondisi awal adalah 26,67% menjadi 56,25% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,48% pada siklus II.

Kata kunci: menulis karangan narasi, bahasa Jawa, strategi menulis terbimbing, sekolah dasar

Abstract

This research aims to improve the learning process and writing skills of java language narrative essay in third grade students of SD Beji. This research was a collaboration classroom action research. The subjects were third grade students totaling 32 student consist of 23 male students and 9 female students.The object was a writing skills of java language narrative essay. Desain research used Kemmis and Mc. Taggart model. Collecting data used the test method, observation, and documentation. Data were analyzed by descriptive qualitative. The results shows that guided writing strategy can improve the learning process and the writing skills of java language narrative essay in third grade students of SD Beji. There is an increase in the percentage of completeness from the initial condition is a 26,67% increase to 56, 25% in the first cycle and improve again to 81,48% in the second cycle.

Keywords: writing narrative essay, Java language, guided writing strategy, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.