PENERAPAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

Desy Noor Argawati Yula,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan tipe Make A Match untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD N 2 Sanden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas V dapat mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar IPS dari pra tindakan ke siklus I, yaitu dari 29 siswa, nilai rata-rata IPS adalah 68,10 dan berada pada kriteria (34,48%) setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata nilai IPS meningkat menjadi 77,06 dan berada pada kriteria (68,96%). Pada siklus II rata-rata nilai IPS meningkat lagi menjadi 81,29 dan berada pada kriteri tinggi (82,75%).

Kata kunci :prestasi belajar IPS, tipe Make A Match, Sekolah Dasar

 

Abstract

This study aims of implementing Make A Match type to improve learning achievement in the struggle for independence of social studies material in class V SD N 2 Sanden. This research was classroom action research. The subjects were 29 students of class V . Data collection techniques used in this research were test, observation, and documentation. Instruments used test and observation sheets. Data analysis techniques using quantitative and qualitative descriptive. The research result show that the learning achievements in Social Studies can increased after conducted with the Make A Match type. This is proven by an increase in learning achievements in Social Studies form pre action up into first cycle, from 29 students, the average score is 68,10 and on low criteria (34,48%) after conducted action against first cycle, average score increase 77,06 and on quite criteria (68,96%). Second cycle average score become 81,29  and  on good criteria (82,75%).

Keywords: learning achievement Social Studies, Make A Match-type, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.