PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE KELAS III SD

Nur Endah Pratiwi,

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran serta keterampilan menulis karangan sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas III SDN Minomartani 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Minomartani 1 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menulis karangan sederhana menunjukkan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 8 siswa atau 25,8%. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I yaitu mencapai 20 siswa atau sebesar 64,51% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu mencapai 25 siswa atau 80,65%.

Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan sederhana, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture

Abstract

This research aims at improving the learning process and writing simple essay skills using cooperative learning model picture and picture type in third grade students of SDN Minomartani 1. This research was a classroom action research. The subjects were third grade students SDN Minomartani 1 totaling 31 students. Collecting data technique used the test method and observation. Data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative. Result of writing simple essay in pre-action shows that there was only 8 students that reach the KKM or 25,8%. Amount of students that reach the KKM in first cycle reaching 20 students or 64,51% and increase again in cycle two that reaching 25 students or 80,65%.

Keywords: writing skills, simple essay, cooperative learning model picture and picture type


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.