PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PKn melalui model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Pedes pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah partisipasi aktif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya presentase siswa yang mencapai partisipasi aktif yang baik dan sangat baik sebesar 53% (siklus I 26%, siklus II 79%)
Kata kunci: partisipasi aktif, cooperatif learning, jigsaw
Abstract
This research aim to improve the student active participation in Civic Education through jigsaw cooperative learning. This study was a collaborative classroom using research model of Kemmis and Mc Taggart. This study has implemented in SD N 1 Pedes on even semester at academic year 2015/2016. The subjects were students of 5th grade totalling 28 students. The object was student active participation. The techniques of collecting data did with observation, and documentation. Data analyzed using quantitative and qualitative description. The result of research show that the implementation of jigsaw in Civic Education can improve student active participation. This case has evidenced with the rising percentage of students who reach on good and very good active participation amounts 53% (1st cycle 26%, 2nd cycle 79%).
Keywords: active participation, cooperatif learning, jigsaw
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.