PENINGKATAN KETERAMPILANMENULIS AKSARA JAWA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI NGLENGKING

Elia Arsiati Jani Wilyadi,

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui model Teams Games Tournament pada siswa kelas V SD Negeri Nglengking. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,dan, tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan model Teams Games Tournamentdapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas V SD Negeri Nglengking. Terbukti pada pratindakan persentase KKM 41,7%, pada siklus I meningkat menjadi 68,3% dan menjadi 83,3% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa kelas V yang berjumlah 13 siswa sebesar 11,41%.

Kata kunci: keterampilan menulis aksara Jawa, Teams Games Tournament

 

Abstract

This research aims at improving skill of the javanese alphabet writing through  Teams Games Tournament type of 5th grade at SD Negeri Nglengking. The type of research was a classroom action research with the research subjects were 13 students. Methods of data collection were observation, documentation, and test of performance. The data analitize techniques were qualitative and quantitative descriptive. The Teams Games Tournament type can improve skill of the 5th grade students the javanese alphabet  writing. It proved by the percentage of pre-action completeness Minimal  criteria (KKM) is 41.7%, then in the first cycle increased to 68.3% and 83.3% in the second cycle. The result  show an increase in the average score of 13 5th grade students at 11.41%.

Keywords: Javanese alpabhet writing skills, Teams Games Tournament

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.