PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan pendekatan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas V SD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ngoto Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas VA SD Negeri Ngoto tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 25 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan penilaian kinerja siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman observasi penilaian keterampilan berbicara siswa dalam bentuk laporan lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Di dalam penelitian ini, siswa melakukan latihan keterampilan berbicara secara intensif dan didukung dengan pemberian bimbingan oleh guru. Latihan tersebut berbentuk kegiatan dalam diskusi kelompok kecil, diskusi kelompok besar, dan laporan lisan. Hasil pengamatan proses pembelajaran berdasarkan observasi aktivitas guru menunjukkan bahwa sebesar 97,5% langkah pembelajaran berhasil dilaksanakan dengan baik. Pada akhir siklus, 19 siswa (76%) berhasil mencapai KKM, sedangkan sisanya yaitu sebesar 24% masih dibawah KKM. Peningkatan aspek keterampilan berbicara yang paling menonjol dalam penelitian ini adalah aspek pelafalan sebesar 21,5% dan aspek kelancaran sebesar 25,5%.
Kata kunci: keterampilan berbicara, pendekatan kooperatif, two stay two stray
Abstract
This research aims at improving the speaking skills by using cooperative learning approach type two stay two stray on fifth grade students of SD Negeri Ngoto Bantul Regency 2015/2016 academic year. The research type was a classroom action research. The subjects of this research were the 25 fifth grade students of SD Negeri Ngoto 2015/2016 academic year. The research design was using Kemmis and McTaggart models. The data collection techniques was using observations. The data collection instrument was the observation sheets of speaking skills assessment in oral report. The data analysis theqnique was used quantitative descriptive. In this research, students have practiced speaking skills intensively and support by teacher’s guidances. The practices are organized as little group discussion, big group discussion, and oral report. The result of the learning process based on the teachers’s activities observation shows that 97.5% of learning steps could be done well. In the end of cycle, 19 students (76%) can reach KKM, whereas the rest 24% still under KKM. Pronounciation aspect and fluency aspect are the most conspicuous aspects those increased in this research, they were 21.5% and 25.5%.
Key Words: speaking skills, cooperative learning, two stay two stray
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.