PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD N PANGGANG

Lina Puspitaning Rahayu,

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua siswa, bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar, serta hambatan yang dialami dalam pelaksanaan partisipasi orang tua siswa kelas VI SD N Panggang, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, guru, dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI diwadahi dalam kegiatan paguyuban orang tua yang membahas perkembangan belajar siswa serta keuangan. Bentuk partisipasi fisik dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI berupa iuran setiap bulan yang alokasikan untuk pengadaan sarana prasarana belajar di kelas, untuk kegiatan sosial, serta untuk acara akhir tahun kelas VI. Bentuk partisipasi nonfisik dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI berupa dukungan moril, kehadiran dalam kegiatan paguyuban, pemberian ide dan saran, serta komunikasi antara orang tua dan sekolah dalam rangka peningkatan belajar siswa. Hambatan dalam kegiatan paguyuban adalah orang tua terkadang sibuk dengan pekerjaannya sehingga pada bulan tertentu tidak dapat hadir dalam kegiatan paguyuban. Kata kunci: partisipasi orang tua siswa, motivasi belajar ABSTRACT The purpose of this abstract is to describe student's parents participation, forms of student's parents participation in building student's learning motivation and the obstacles experienced in the implementation of parent participation of sixth grade students of SD N Panggang, Sedayu Subdistrict, Bantul District, School Year 2014/2015. This research is a qualitative research. Subjects of this research are parents, teachers, and sixth grade students. The data collection technique are interview, observation and documentation study. The data analysis use the steps of data reduction, data display and conclusion. The data validity check use technique triangulation and source. The result of the research shows that student's parents participation in building student's motivation is contained in activities like parent circle which discuss students learning progress and finance. The parents physical participation in fostering sixth grade students learning motivation is in the form of monthly Dues allocated for the procurement of class infrastructures, social activities, and year-end event for sixth grade students. The parents non-physical participation in fostering sixth grade students learning motivation is in the form of moral support, attendance in Circle events, giving ideas and suggestions, and communication between parents and school in students learning enhancement. The obstacle experienced in Circle activities is that some parents are busy working so that they cannot attend Circle activities on certain months Keywords: student's parents participation, learning motivation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.