FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA KELAS IIIB SDIT LUQMAN ALHAKIM INTERNASIONAL, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Putri Wahyu Utami,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal guru dan siswa kelas IIIB SDIT Luqman Al-Hakim Internasional dan (2) mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dan guru untuk mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah satu guru kelas, satu kepala bagian kurikulum dan 24 siswa kelas IIIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber, bahan referensi dan member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal di kelas IIIB SDIT Luqman Al-Hakim Internasional adalah persepsi interpersonal, konsep diri, hubungan interpersonal, atraksi interpersonal, lingkungan sosial dan lingkungan fisik. Upaya yang dilakukan sekolah dan guru untuk mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal adalah dengan melaksanankan berbagai program terencana dan tidak terencana. Program terencana yaitu a) reading group, b) presentasi, c) diskusi, d) ujian wawancara, e) guru yang mengikuti siswa, f) morning motivation. Sementara itu, sekolah juga melakukan program tidak terencana yang berupa a) kapten grup, b) interaksi guru dan wali murid di sosial media, c) memuji siswa, dan d) berbagi cerita antara guru dan siswa. Kata kunci: komunikasi interpersonal, guru dan siswa SD Abstract This research aims: (1) to identify the influence factors from the interpersonal communication in class IIIB SDIT Luqman Al-Hakim International and (2) to describe the programs of the school which aim to increase the quality students’s interpersonal communication abilities. This research uses descriptive qualitative approach. The subject in this reseach are one teacher, one curriculum manager, and 24 students in class IIIB. The used methods to collect the data are interview, observation, and documentation. The Method to analyze data using the interactive model of Miles & Huberman. Examination of validity of data is done by technique and source triangulation, reference source, and also member check. Research result show that influence factors of interpersonal communication at the class IIIB SDIT Luqman Al-Hakim International year 2013/2014 are interpersonal perception, self concept, interpersonal relation, interpersonal atraction, physical area and sosial area. The way to increase the quality of students’s interpersonal communication abilities are planned programs and unplanned programs. The Planned programs are a) reading group, b) presentation, c) discussion, d) interview examination, e) the ongoing teacher, f)morning motivation, and also the unplanned programs they are a)group captain, b) intense interaction via sosial media between teacher and parents, c) giving reinforcement to students, d) sharing between teacher and students. Keywords: interpersonal communication, elementary school teacher and student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.